Melayani setulus hati, memberikan yang terbaik

Yuk, Jalan-Jalan Ke Tempat Wisata Religi Setelah Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 17 Maret 2024, 04:28:29

Siapa yang tidak mau melaksanakan ibadah ke tanah suci? Setiap mukmin pastinya ingin merasakan menjalankan rangkaian ibadah haji ataupun umrah di tanah suci. Kerinduan akan tanah yang menjadi saksi sejarah peradaban Islam tersebut, tentu ada dalam hati para muslim. Setiap tahun, ribuan bahkan jutaan orang berkunjung ke Ka’bah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut.

Perjalanan ibadah umrah akan makin lengkap jika Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Tentunya, wisata religi tersebut bisa Anda lakukan setelah menunaikan keseluruhan rangkaian ibadah umrah.

Niat utama mengunjungi tanah suci adalah untuk melakukan ibadah. Adapun agenda berkunjung ke tempat wisata religi adalah tambahan untuk semakin memperkuat keimanan serta semangat dalam beribadah. Juga untuk mengenang masa kejayaan Islam dengan melihat secara langsung tempat-tempat bersejarah yang ada di tanah suci.

Nah, inilah tujuh tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi setelah umrah ketika berada di tanah suci. Yuk, simak sampai habis!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan tempat yang mempunyai nilai historis, yaitu tempat pertama kali bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian ratus tahun diturunkan ke bumi. Tidak heran, begitu banyak kaum muslimin yang berkunjung ke Jabal Rahmah untuk menyaksikan secara langsung tempat ini.

Ciri khusus yang terdapat di Jabal Rahmah ini, Anda bisa melihat tugu persegi panjang dengan warna putih di atas bukit. Tugu beton tesebut menjulang setinggi sekitar 8 meter. Untuk sampai ke puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Tempat yang kedua yaitu Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang sejarah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud adalah perang yang cukup fenomenal pada zaman Rasulullah. Karena pada waktu itu terjadi perang besar antara umat muslim dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul karena mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Tentunya, banyak hikmah atas kekalahan umat Islam pada waktu itu. Yaitu, dalam perang harus taat pada perintah panglima perang yang waktu itu dipimpin oleh Rasulullah. Karena tidak taat, maka akan mudah dikalahkan oleh musuh. Saat itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang paling baik yaitu Khalid bin Walid, yang nanti akhirnya masuk Islam. Bahkan, ia mendapat Gelar Syaifullah yang artinya pedang Allah.

Gunung setinggi kurang lebih 350 meter tersebut berlokasi di utara kota Madinah. Anda dapat mengunjungi Masjid Al Fash, sekaligus berkunjung ke makam para sahabat Nabi yang gugur saat perang Uhud. Di tempat ini juga terdapat tempat Rasulullah melakukan shalat setelah perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat selanjutnya adalah Masjid Quba’. Masjid Quba adalah masjid yang dibangun oleh Nabi SAW ketika hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah atau tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama umat Islam yang digunakan untuk Shalat Jumat. Sehingga, banyak umat Islam yang ingin berkunjung di masjid bersejarah ini ketika umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba tampak megah dengan dominasi warna putih sebagai ciri khasnya. Ada tiga pintu sebagai tempat keluar masuk di Masjid Quba. Pada area tengah, Anda bisa menemukan sumur serta tempat wudhu (sahn), sedangkan di area luar masjid Anda dapat membeli aneka macam kurma untuk buah tangan. Masjid Quba terus mengalami perbaikan, sehingga masih tetap berdiri kokoh sampai hari ini. Jadi, sempatkan untuk mampir ke sini ya, ketika melaksanakan ibadah umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ adalah tempat di mana Rasulullah SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga dapat menyaksikan secara langsung tempat ini dari dekat, tetapi Anda harus dalam kondisi fisik yang fit untuk mencapai tempat ini. Sebab, jalan menuju Gua Hira’ melintasi tebing yang cukup curam. Jangan lewatkan mengunjungi Gua Hira’ sesudah melaksanakan rukun umrah agar mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Masjidil Haram

Saat menunaikan umrah, bisa dipastikan Anda akan mengunjungi Masjidil Haram yang terletak di Kota Makkah. Sebab mayoritas rukun umrah dilaksanakan di tempat ini, mulai dari thawaf, sai, serta tahallul. Anda juga berkesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail yang berlokasi di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf ketika berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Masjid Nabawi. Masjid yang bertempat di Kota Madinah ini adalah masjid utama yang dipakai oleh Rasulullah selama mendakwahkan agama Islam di Kota Madinah. Dahulu, Masjid ini masih di area kediaman Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid Nabawi.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan kepada Rasulullah bisa terobati ketika Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut termasuk masjid terbesar di dunia ini senantiasa ramai oleh para jamaah umrah. Anda bisa mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling dikabulkan untuk memanjatkan doa.

Jannatul Baqi

Untuki Anda yang ingin ziarah makam, dapat mengunjungi Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah tempat dimakamkannya sebagian besar sahabat Rasulullah. Di tempat yang disebut Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda dapat mendoakan para sahabat yang dimakamkan di sana.

Jabal Tsur

Selanjutnya, tempat dengan sebutan yang tak asing lagi yakni Jabal Tsur. Ya, di Jabal Tsur terdapat lokasi bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Nabu SAW bersembunyi selama tiga hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar saat hijrah ke Madinah. Anda dapat menjadikan Jabal Tsur sebagai pilihan tempat untuk dikunjungi ketika umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tidak lengkap rasanya ibadah umrah tanpa membeli oleh-oleh saat pulang ke tanah air. Anda dapat mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang letaknya satu kilometer dari Masjidil Haram. Anda dapat berbelanja macam-macam camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga cinderamata seperti tasbih dan sajadah yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat.

Nah, itulah tujuh destinasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi setelah menunaikan ibadah umrah. Semoga ibadah umrah Anda diterima, dan bisa merasakan perjalanan yang semakin berkesan dengan berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id